Ketika berwisata oleh-oleh seperti apa yang Anda pikirkan untuk dibawa pulang? Apakah itu sebuah souvenir atau cemilan berupa makanan khas daerah yang Anda kunjungi?

Semua orang yang sedang melancong pasti berpikir untuk membawakan oleh-oleh bagi anggota keluarga di rumah. Kalau tidak, ya membawa souvenir untuk dijadikan hiasan di rumah sepulang dari melancong.

Ada berbagia macam jenis oleh-oleh, dan pernahkah Anda memikirkan wingko babat sebagai oleh-oleh Anda ketika berkunjung ke Semarang atau ke sekitar daerah Lamongan? Wingko babat terkenal sebagai makanan tradisional yang terkenal enak disantap dengan teh tawar hangat dan kopi pahit. Wingko bisa menjadi sajian untuk menerima tamu dan juga untuk santai. Maka, tak salah jika Anda membawa pulang wingko babat setelah berwisata.

Wingko merupakan makanan tradisional sejenis kue. Makanan ini terbuat dari campuran kelapa muda, tepung beras ketan, dan gula. rasanya manis legit. Dulu, Wingko terkenal di pantai utara Pulau Jawa, tapi kini wingko sudah beredar ke berbagai wilayah Indonesia. peredarannya menyebar di berbagai outlet oleh-oleh.

Wingko

Tekstur wingko berbentuk bulat, dijual dalma bentuk bubulat besar yang nantinya akan dipotong-potong sebelum dibungkus dengan kertas minyak. Ada juga yang berbentuk kotak atau segitiga, tergantung vairasi pembuatnya. Akan tetapi pada umumnya berbentuk lingkaran, gepeng. Wingko enak disantap saat masih dalam keadaan hangat. Harga penjualan wingko bisa berbeda antara daerah satu dengan yang lainnya, tergantung tempat penjualannya. Bila masih di wilayah Jawa, pada umumnya harganya akan kompetitif, tidak ada perbedaan siginifan.

Asal Wingko

Tahukah Anda dari mana wingko babat berasal? Pernahkah Anda mencari tahu daerah mana yang jadi pusat produksi wingko pertama kali? Banyak orang mengira, wingko berasal dari Semarang karena ada banyak pusat produksi wingko di daerah tersebut. akan tetapi, sebetulnya, wingko diproduksi di Babat, sebuah daerah kecil di wilayah Lamongan, Jawa Timur. Babat merupakan daerah persimpangan antara Bojonegoro, Jombang, Tuban, dan Surabaya

Wingko memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi di daerah Babat. Ada banyak pengusaha yang menghasilkan wingko dan juga mempekerjakan banyak orang. Geliat ekonomi daerah pun cukup banyak bersandar pada produksi Wingko.

Sekarang ini, bagi yang ingin melihat produksi dan membeli wingko tidak perlu jauh-jauh. Meski sumbernya dari sana, distribusi wingko sudah sampai ke berbagai daerah. Selain itu, pembuatannya juga sudah didekatkan ke daerah yang jadi sasaran pasarnya. Karenanya, sudah cukup mudah bagi siapa saja yang menyukai babat untuk mendapatkannya di dekat tempat tinggal Anda.