Content is king! Sudah tahu ah!
Dan karena tuh filsafat sudah membahana kemana-manalah yang membuat si Google harus memikirkan bagaimana caranya search engine mereka bisa benar-benar menampilkan hasil SERP yang sangat relevan dan berkualitas atas keyword yang diketikkan oleh pengunjung.
SEO Onpage? huh udah pada banyak yang tahu dan bisa.
SEO Offpage? a.k.a backlink? juga sudah banyak yang tahu! apalagi ada jasa SEO-SEO yang bertebaran!
Kedua faktor diatas masih jadi faktor penting yang jadi indikasi google untuk menaikkan ranking suatu website. Tapi jelas si Google harus menambahkan faktor lain.
Karena 2 faktor diatas sudah bisa dilakukan banyak orang! Tepatnya sudah bisa diusahakan! (bagi si Google, memanipulasi). Sehingga kemungkinan tampilnya website – website yang memang tidak berkualitas muncul jadi posisi teratas, ada.
Akhirnya diambillah suatu keputusan sekaligus faktor baru yang menjadi acuan si Google dalam menaikkan ranking sebuah website. Yaitu: “Social Media Activities”

Simple saja sih alasannya kalo saya menerka-nerka alasan si google mengambil keputusan ini.
Begini:
Orang yang sedang browsing di internet, rata-rata kalau memang menemukan gambar lucu, artikel bagus, menonton video bagus, PASTI ada keinginan untuk mengsharekan kepada teman-teman atau saudara-saudaranya! Terutama orang bule ya. Kalo orang Indonesia tidak tahu deh.
Dan “Social Media Activities” lebih tidak bisa dimanipulasikan!
Apa saja Social Media Activities yang menjadi perhatian si Google? Tepatnya diperhatikan banget sama si google?!
1. Like dari FB
2. Retweet
3. Vote G+
Kalau yang untuk nomor 1 dan 2 Google tidak bisa sok-sok nyuekkin. Terpaksa harus tracking mereka, karena memang 2 situs itulah yang termasuk 2 situs besar utuk urusan Social Media Activities.
Situs yang banyak ngelike, banyak ngeretweet, banyak diretweet. Otomatis website atau postingan itu bagus! logikanya gitu. Ngapain juga orang capek-capek ngelike dan ngeretweet, kalau postingan tsb tidak bagus! Setidaknya pasti menariklah! (That’s why they share, right?)
Nah kalau yang ke3, menurut saya emang target besarnya si google, kalau dia pengen G+nya jadi seperti FB. Yahhh kita ikutin saja maunya si google.